Information Centric Networking (ICN) DAN NCP

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.

Tanggal Matakuliah      :  Selasa, 5 Maret 2019 - Pertemuan VI




INFORMATION CENTRIC NETWORK (ICN) DAN NCP




PENDAHULUAN
        Keterkaitan mengenai Information Centric Network (ICN) dengan Network Centric Principle (NCP), pada hal ini terkait jaringan khususnya internet, yang sering digunakan kini penuh dengan konten, data, dan informasi dari berbagai layanan atau aplikasi. Solusi Information Centric Network (ICN) dalam Network Centric Principle (NCP) ini muncul dari tingginya permintaan untuk tingkat skalabilitas yang tinggi dan efisiensi dalam distribusi konten atau informasi. Berikut ulasan yang disajikan mengenai Information Centric Networking (ICN).


INFORMATION CENTRIC NETWORKING (ICN)
    Information Centric Networking (ICN) adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan infrastruktur Internet dari paradigma host-centric berdasarkan konektivitas dan prinsip end-to-end, ke arsitektur jaringan di mana titik fokusnya adalah “informasi bernama” (konten atau data). 
        Konsep ICN fokus terhadap informasi itu sendiri, bukan lokasi penyimpanan informasi tersebut maupun representasi fisiknya. Konsep ini lebih lanjut disebut dengan Information Object (IO), yang mana setiap IO memiliki beberapa representasi berbeda dan kemudian akan muncul beberapa salinan yang berbeda dari setiap representasi tersebut untuk disimpan pada server, client node, atau cache. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa sebuah IO mengacu pada kelompok dari semua representasi dan salinan dari informasi yang sama. 
        Pentingnya Information Centric Networking (ICN) dalam pengimplementasian NCP merupakan suatu solusi yang tepat dalam suatu jaringan internet, karena di era globalisasi ini begitu banyak konten, data, dan informasi yang terdapat di berbagai layanan yang tersedia. Contoh konsep implementasi dari Information Centric Network (ICN) sebagai berikut.


Gambar 1 Konsep Information Centric Networking


      Gambar 1 merupakan bentuk konsep penggambaran dari ICN yang merupakan paradigma dengan fokus pada informasi yang terlihat bahwa dalam suatu jaringan akan ada koneksi, host, dan salinan dari suatu informasi, baik terpercaya atau tidak. ICN harus memastikan bahwa pengguna mendapatkan data, informasi, dan konten yang terpercaya dari penyedia yang terpercaya. Hal ini berkaitan dengan keamanan, privasi, dan kenyamanan. Untuk memastikan hal tersebut dapat dicapai, perlu diperhatikan beberapa hal, seperti memastikan keamanan dan otentikasi semua node dalam jaringan, memastikan penyedia layanan dan konten terpercaya, desain topologi jaringan, serta penamaan yang baik (DNS). Manfaat yang diharapkan adalah peningkatan efisiensi, skalabilitas yang lebih baik sehubungan dengan permintaan informasi / bandwidth dan ketahanan yang lebih baik dalam skenario komunikasi jaringan.
        Information Centric Network (ICN) memiliki pendekatan terkait dalam informasi yaitu Content Centric Networking (CCN), Publish-Subscribe Internet Routing Paradigma (PSIRP), Network of Information (NetInf), dan Data-Oriented Network Architecture (DONA). Gambar berikut merupakan desain dari pendekatan NetInf. Bentuk pendekatan tersebut dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2 Design Network Information

        Gambar 2 merupakan bentuk Content Centric Networking (CCN) sebagai pendekatan ICN dimana NetInf, IO (Information Object) dipublikasikan ke dalam jaringan dan terdaftar dalam NRS (Name Resolution Service). Ketika terdapat suatu request atau permintaan, router NetInf dapat meneruskan permintaan tersebut ke NRS untuk mendapatkan locators sekaligus langsung meneruskan permintaan tersebut ke pemilik IO yang kemudian dikirim kembali ke peminta melalui rute yang sama dan akan disimpan atau disembunyikan dalam cache pada setiap node yang dilewati dalam rute tersebut.



Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 6 : Information Centric Networking (ICN)".

Maulana, M., Basuki, A., & Amron, K. 2018, “Analisis Kinerja On-Path Caching Dan Off-Path Caching pada Information-Centric Networking”. (offline), http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2380. diaksespada tanggal 08 Maret. 2019.

Ibrahim, Achmad Basuki, Eko Sakti Pramukantoro, 2018 " Desain dan Implementasi In-Network Caching Pada Content Centric Networking Menggunakan CCN-Lite Dengan Simulator OMNeT++", (offline),  link: j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/2404/1037/, diakses pada tanggal 09 Maret 2019.


Komentar