Named Data Network (NDN) DAN NCP

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.

Tanggal Matakuliah      :  Selasa, 19 Maret 2019 - Pertemuan VIII



NCP dan NCN/NDN



NAMED DATA NETWORK (NDN)
        Named Data Network (NDN) merupakan arsitektur jaringan baru memiliki kemampuan dalam menangani komunikasi point to point secara lebih baik, beserta dengan data dan penamaannya terkait dalam jaringan dengan konten, data, maupun informasi. Named Data Network (NDN) memiliki terkait pihak terlibat pengguna yang tidak perlu mengetahui Domain Name System (DNS) mana yang menerjemahkan dari IP public ke host atau sebaliknya. Berikut gambaran dari NCN/NDN.


Gambar 1 Konsep Proses NCN/NDN
         Gambar 1 merupakan salah satu bentuk konsep penggambaran proses kerja NCN/NDN dalam jaringan internet yang berfokus pada keamanan konten di dalam jaringan. Hal tersebut ditunjukan konten yang diminta oleh pengguna bersifat reliable. Hal ini terdapat project NDN dapat diunduh di “https://named-data.net/project/” yang pengguna dapat memiliki tujuan mempelajari tantangan teknis yang harus diatasi dalam memvalidasi NDN sebagai arsitektur jaringan (internet) masa depan dengan komunikasi yang bersifat scalable, caching otomatis, skalabilitas routing, fast forwarding, keamanan jaringan, serta perlindungan konten dan privasi.




ALUR PAKET ARSITEKTUR NDN
        Alur Paket Arsitektur NDN memiliki konsep komunikasi pengiriman paket ke yang dilakukan oleh receiving dan diterima oleh consumer. Hal ini proses alut pengiriman paket digambarkan yang dapat dilihat pada Gambar 2.


Gambar 2 Konsep Alur Paket NDN
     Gambar 2 merupakan alur konsep pengiriman paket NDN dimana arsitektur IP yang menggunakan alamat IP dalam melakukan pengiriman, NDN menggunakan named data dalam arsitekturnya. Komunikasi dalam NDN dikendalikan oleh ends receiving yaitu data consumer. Consumer dalam menerima data akan mengirimkan paket Interest yang membawa nama untuk mengidentifikasi potongan data yang dapat ditransmisikan dalam satu paket data.Router menyimpan semua interest dalam Pending Interest Table (PIT) dan akan mengingat antarmuka dari permintaan yang datang kemudian meneruskan paket Interest dengan melihat nama di FIB yang berisi kumpulan nama berbasis protokol routing. NDN FIB merekam informasi dari routing dan data plane sehingga dapat menyediakan adaptive forwarding untuk meneruskan Interest menuju data producer. Setelah Interest mencapai node N yang memiliki data yang diminta, node N akan mengembalikan paket data yang berisi nama dan konten ke consumer. Proses forwarding pada router NDN dapat mendeteksi kesalahan jaringan dengan mengamati lalu lintas dua arah dari paket Interest dan paket data, dan mencari beberapa alur alternatif tanpa loop. Mekanisme adaptive forwarding ini berbeda dengan IP mekanisme IP forwarding yang mengikuti satu jalan yang dipilih dari proses routing tanpa kemampuan adaptasinya sendiri.


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 8 : NCP dan NCN/NDN".

Shannigrahi, Papadopoulos, 2018, "Named data networking strategies for improving large scientific data transfers." (offline) https://susm.it/files/icn_sra.pdf, diakses pada tanggal 22 Maret 2019.

Syaiful Ahdan, 2016, "Report Progress NDN Simulation using NDNSim SIMULASI NAMED DATA NETWORK ( NDN )", (offline) https://budi.rahardjo.id/files/courses/2016/EL5241-2016-23215368-MuhammadNajib-Proposal.pdf, diakses pada tanggal 23 Maret 2019.


Komentar