Content Delivery/Distributed Network (CDN) DAN NCP

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.

Tanggal Matakuliah      :  Selasa, 26 Maret 2019 - Pertemuan IX



CONTENT DELIVERY/DISTRIBUTED NETWORK (CDN) DAN NCP

Content Delivery/Distributed Network (CDN)
        Content Delivery/Distributed Network (CDN) merupakan sejumlah node (server/komputer) yang tersebar secara fsik di sejumlah tempat, yang bersama – sama memberikan layanan pengiriman content dan data kepada pengguna dari sebuah layanan berbasis web. jaringan didistribusikan secara geografis dari proxy server dan mereka pusat data . Tujuannya adalah untuk menyediakan ketersediaan tinggi dan kinerja tinggi dengan mendistribusikan layanan secara spasial relatif terhadap pengguna akhir. CDN melayani sebagian besar konten Internet saat ini, termasuk objek web (teks, grafik, dan skrip), objek yang dapat diunduh (file media, perangkat lunak, dokumen), aplikasi (e-commerce, portal), media streaming langsung , streaming sesuai permintaan media, dan situs media sosial. Sehingga beda pada pengiriman content dan data pada web dan hosting secara konvensional.


Gambar 1 Konsep Content Delivery/Distributed Network (CDN

        Gambar 1 merupakan bentuk Content Delivery/Distributed Network (CDN) yang memiliki konsep berbasis Cloud Computing sehingga mekasnisme sistem lebih handal (reliable) pada perangkat atau  komunikasi jyang dijalankan. Hal ini penerapan yang berbasis Cloud, maka akan mudah melayani pengguna dalam hal konektivitas berdasarkan lokasi geografsnya, dimana dapat dilakukan secara jarak jauh. Server terdekat akan melayani dari sisi content yang diberikan dalam setap permintaan. Hal ini tentunya berbeda dengan hosting/server biasa non-CDN, di mana sifatnya terpusat. Umumnya kendala yang mengakibatkan Requeat Times Out (RTO), trafk macet, keamanan (MITM), kehandalan berkurang (latency, delay, jitter, throuhput dalam QOS).


Gambar 2 Penerapan Content Delivery/Distributed Network (CDN)


        Penerapan Content Delivery/Distributed Network (CDN) merupakan layanan dan aplikasi yang berbasi web yang dapat digunakan dalam berbagai bidang terkait penggunaan teknologi informasi diantaranya seperti pada Layanan web hosting; Layanan Social Media dan Social Network; Web bisnis; E-Commerce/Mobile Commerce; E-Business; ERP; Web militer Web pemerintahan; Web sekolah dan (terutama) kampus; Layanan kesehatan dan publik; Game online; Entertainment.
        Konsep implementasi jaringan Content Delivery/Distributed Network (CDN) sangat disarankan untuk membangun ketersedian dan bertenaga tinggi  secara terpusat. Hal ini membangun dipengaruhi dalam  memperhatikan pertimbangan dari segi budget (Biaya), sumber daya manusia (SDM) Handal, serta menyesuaikan regulasi setempat dan memakai layanan hosting CDN yang berbasis lokal/luar  tanpa menggunkan hosting biasa.


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 9 : NCP dan CDN ".


I Gede Putu Krisna Juliharta, 2015 "Distribusi Konten Web Server Menggunakan Motode Content Delivery Network", (offline), https://media.neliti.com/media/publications/129722-ID-none.pdf, diakses pada tanggal 29 Maret 2019.

Manish Gupta, Dharmendra Kumar, 2014 "State-of-the-art of Content Delivery Network" (offline), https://pdfs.semanticscholar.org/dae5/91772c988239b70807315169b3526749d34b.pdf, diakses pada tanggal 28 Maret 2019.

Buyya, Rajkumar Pathan, Al Mukaddim Khan Broberg, James Tari, Zahir, 2006 "A Case for Peering of Content Delivery Networks" (offline). https://gridbus.cs.mu.oz.au/reports/CDNPeering.pdf, diakses pada tanggal 30 Maret 2019.





Komentar