NCOIC

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.

Tanggal Matakuliah      :  Jumat, 12 Februari 2019 - Pertemuan III





NETWORK CENTRIC OPERATIONS INDUSTRY CONSORTIUM

PENDAHULUAN
        Penerapan Network Centric Principles pada instansi militer, pemerintahan, dan organisasi yang lainnya memerlukan sebuah wadah atau perkumpulan untuk saling bertukar pikiran mengenai pengembanganan Network Centric bagi anggotanya. Wadah tersebut dijadikan ajang komunikasi antar penggiat, pengguna, vendor, dan pemangku kepentingan yang lain serta mengatur standar, protokol, dan regulasi guna mendukung jalannya Network Centric Principles.
       Permasalahan tersebut dijadikan dasar dibentuknya NCOIC (Net Centric Operations Industry Consortium) pada tahun 2004. Definisi dari NCOIC dikutip dari website resminya (www.ncoic.org) adalah “an international organization focused on accelerating the global use of network-centric principles and systems”.


TUJUAN NCOIC
        Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai dari awal terbentuknya NCOIC pada tahun 2004 adalah bertujuan untuk meningkatkan sharing informasi diantara komunitas/perhimpunan atau kelompok yang berbeda tentang sesuatu untuk meningkatkan produktivitas mereka, interaktif, keselamatan dan keamanan dalam pengembangan dan pemanfaatan Network Centric. NCOIC beranggotakan banyak negara dan perusahaan IT di dunia dengan biaya pendaftaran dan keanggotaan bervariasi berdasarkan privilege yang didapat. Pendaftaran disediakan langsung di web NCOIC.


BAGAN NCOIC
        Berikut merupakan bagan dari Network Centric Prinsiples dan NCOIC yang dimana pada bagan tersebut merupakan alur dari NCOIC, dimana pada tahap awal yaitu dasar atau prinsip, kedua merupakan pesyaratan, ketiga merupakan ilmu bangunan/arsitek, keempat melakukan desain, kelima melakukan pemgembangan atau membangun dan mempersatukan dan terakhir yaitu tahapan tes/ujian dan evaluasi.
Gambar 1 Bagan NCOIC


PRINSIP NETWORK CENTRIC PRINCIPLES pada NCOIC
        Keterkaitan antara Network Centrik Principles terhadap NCOIC sehingga terdapat 5 prinsip dari Network Centrik Principles pada NCOIC yaitu.
  1. Dinamis yaitu semua entitas di dalam Network Centic Prinsiples harus mampu mendukung lingkungan (environment) dan kebiasaan (behaviour) yg bersifat dinamis.
  2. Global yaitu penerapan Network Centic Prinsiples harus bersifat global, tidak dibatasi oleh perbedaan platform, operating system, aplikasi dan device.
  3. Eksplisit yaitu semua informasi yang ditampilkan harus bersifat eksplisit atau jelas, tidak berbelit-belit sehingga semua informasi dapat dipahami dengan mudah.
  4. Simetrik yaitu relasi dan entitas bersifat simetris dari sisi struktur, semua harus saling terhubung satu dengan yang lainnya.
  5. Entitas yaitu setiap entitas memiliki identitas dan pengenal yang berbeda sehingga tidak terdapat identitas yang sama, entitas ini bersifat unik.


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 3 : NCOIC (Network Centric Operations Industry Consortium)".

Glagla, Wolfgang, 2014 "Network Centric Operations Industry Consortium" (offline) https://www.eiseverywhere.com/file_uploads/d265efae1d3d7314eece5e86b1399e2f_NCOIC-NATO_Brief-20140315_final_14.pdf, diakses pada tanggal 16 Februari 2019.

Clay Wilson, 2007, "Network Centric Operations: Background and Oversight Issues for Congress" (offline),https://www.researchgate.net/publication/235121618_Network_Centric_Operations_Background_and_Oversight_Issues_for_Congress, diakses pada tanggal 16 Februari 2019




Komentar