Dasar Network Centric Principles

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.
Tanggal Matakuliah      : Selasa, 29 Januari 2019 - Pertemuan I




PENDAHULUAN
           Mata kuliah Network Centric Principles (NCP) merupakan mata kuliah khusus di semester VI di jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Udayana. Network Centric Principles merupakan matakuliah yang membahas pendahuluan dari jaringan dalam konsep Network Centric Principles, Information Enterprise, Measure interoperability, Net Centric Attribute and Operational Environment, Net Centric Military Warfare, Service Oriented Architecture (SOA) dalam Net Centric dan beserta Information Centric Network.



NETWORK CENTRIC PRINCIPLES



KONSEP DASAR
          Konsep dasar yang berasal dari jaringan komputer yaitu meliputi infrakstruktur data, informasi, komunikasi, konten, koneksi, protokol, layer, intranet, internet. Network Centric Principles yang berfokus dalam prinsip jaringan yang berfokus pada keamanan dari 2 hal, yaitu data dan informasi. sehingga, pemanfaatan diharapkan dapat menyediakan sistem pengamanan data dan informasi, dengan memberikan kenyamanan bagi pengguna internet mengingat keamanan dan kenyamanan bagian penting dalam memperoleh manfaat untuk infrakstuktur jaringan komputer.
Konsep Network Centric Principles pun dapat diterapkan dalam berbagai macam salah satunya dalam bidang militer yang penerapannya dalam pengambilan data dan informasi dengan skala besar seluruh dunia menggunakan teknologi jaringan satelit yang diterapkan seluruh armada angkatan udara, laut dan darat.  Layanan proses data dan informasi yang terhubung dalam lintas jaringan melalui Network Centric Principles dengan menggunakan internet dengan memeperhatikan keamanan data yang sifatnya fleksibel secara mudah disesuaikan hak akses melalui berbagai platform, aplikasi melalui perangkat yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun yang dapat dimanajemen dari sumber terpecaya sesuai kebutuhan pengguna.


LAYER PADA NET CENTRIC



          Net Centric memiliki 5 layer, sama halnya dengan konsep OSI Layer. Namun Net centric bertujuan untuk mengetahui proses dan protokol serta aplikasi pada setiap lapisan. Berikut uraian singkat bagian lapisan layer dari Net Centric dari bawah ke atas.
1. Foundation merupakan lapisan yang merupakan definisi dan petunjuk dari penggunaan NCP. Lapisan yang memberikan arah tujuan dalam penggunaan konsep Network Centric Principles.
2. Communication merupakan lapisan yang merupakan bagian dalam menentukan komunikasi yang ingin dilakukan. Seperti komunikasi dapat berupa teleports, TCS, RF Nets, GIG-BE, Wireless Communications, atau Commercial Fiber.
3. Computing merupakan lapisan bagian dalam computing atau komputasi, yang berkaitan dengan komputasi data, seperti resource atau sumber daya komputasi, software, dan hardware.
4. Application merupakan lapisan bagian aplikasi yang berkaitan dalam pengembangan software atau business application, untuk penentuan kebutuhan aplikasi dalam menjalankan proses berdasarkan ketiga layer sebelumnya.
5. Capabilities merupakan Lapisan terkahir yang merupakan salah satu bagian dari kapabilitas dalam memberdayakan semua layer di bawahnya.


NET CENTRIC DAN INTEROPERABILITAS
          Penerapan Network Centric Principles diharapkan mampu memenuhi kebutuhan interopabilitas yang tinggi agar mendukung serta berjalan baiknya pada sebanyak mungkin pada sistem operasi, perangkat, aplikasi, atau platform. Interopabilitas tinggi memungkinkan Network Centric Principles diterapkan pada SOA (Service Oriented Architecture), Net Centric Computation, dan teknologi jaringan lainnya. Pada hal ini juga dapat diterapkan juga pada dunia media social saat ini seperti facebook, twitter, skype, instagram, google+ Whatshapp dan lain sebagainya.

Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 1 : Network Centric Principles ".

Wahyudi, D., Miftah, Lintang setiawan, 2007, “Desain Kebijakan Tata Kelola Konten Internet”, (Online), https://issuu.com/tifafoundation/docs/desain_kebijakan_tata_kelola_konten, diakses pada tanggal 5 Fevruari 2019.


Mikrotik, _____, "TCP/IP (Bagian -1) : Pengenalan OSI Layer:, (Online), http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=59, diakses pada tanggal 5 Februari 2019.

Komentar