INFORMATION ENTERPRISE DAN NCP

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008

Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.
Tanggal Matakuliah      : Jumat, 8 Februari 2019 - Pertemuan II



INFORMATION ENTERPRISE DAN NCP


Network Centric Principles merupakan konsep cerdas dalam prinsip berbasis jaringan komputer yang bekerja secara terpusat dalam bidang tertentu yang meliputi infrastuktur, system, proses dan pengguna.

Network Centric Principles berkaitan dalam Information Enterprise
Information Enterprise (IE) pada abad 21 adalah abad informasi dimana data dihasilkan dalam jumlah banyak, informasi yang bertebaran di internet, teknologi yang makin pesat (ikut menghasilkan data dalam jumlah sangat besar). Information Enterprise (IE)  merupakan informasi skala enterprise, yang kini data dan informasi seiring dengan berjalannya teknologi yang memiliki nilai jual.

Hubungan Information Enterprise (IE) dan Information Business (IB)
Information Enterprise (IE) berkaitan dengan Information Business (IB) dimana bisnis di era digital yang berorientasikan kepada informasi. Terdapat 3 jenis Information Business (IB) dengan core competencies, diantaranya sebagai berikut.
  1. Information Content meliputi Information gathering, application programming skill.
  2. Information Appliance meliputi Strategic sourcing, public awareness, scalability, information portability.
  3. Information Transport meliputi network management, interactive communication, billing system, IT infrastructure platform.
Elemen Information Enterprise (IE)
Information Enterprise (IE) disusun dalam 3 elemen yang terkait dalam core competencies diantaranya sebagai berikut.
  1. Information Processing yaitu meliputi create, delete, update konten dan informasi.
  2. Office Technology yaitu semua teknologi yang digunakan berupa perangkat komputer, sistem operasi, aplikasi, sistem, dan lain sebagainya dalam mempunyai kemampuan pengolahan data menjadi informasi dan manajemen informasi.
  3. Telecommunication yaitu penyediaan saling komunikasi dengan menggunakan jaringan komputer, akses internet, dan lain sebagainya dalam mempunyai kemampuan terdistribusinya informasi.

Hubungan Information Enterprise (IE)  dan Interoperability
Interoperability (Interoperabilitas) adalah kemampuan sistem dalam menyediakan layanan dan menerima layanan dari sistem lain sehingga dapat menjalankan proses dan beroperasi bersama secara efektif tanpa terkendala oleh perbedaan yang ada. Information Enterprise (IE) dan interopability berkaitan dengan technical dan operational sesuai dengan masalah teknis lapangan yang terjadi. Namun Information Enterprise (IE) dan operational interopability yaitu merupakan jalan proses operasional yang disesuaikan sesuai prosedur aturan yang ada.

Hubungan information Enterprise (IE)
Penerapan Network Centric Principles memiliki hubungan keterkaitan dengan information Enterprise (IE) yang saling berkaitan dalam menunjang konsep prinsip yang ada. Hal-hal yang berkaitan dengan Network Centric Principles diantaranya sebagai berikut.
  1. Routing dan Switching yaitu hubungan yang berbasis jaringan komputer, yang terdapat routing dan switching dalam melakukan proses bertukarnya pengiriman paket data antar jaringan menggunakan suatu perangkat router dan switch. Sehingga keterkaitan dalam Information Enterprise (IE) perlu memperhatikan kebutuhan faktor lapangan (perencanaan) yang harus disesuaikan infrakstukturnya untuk menunjang kebutuhan pengguna.
  2. Service Provider yaitu penyedia jasa sambungan komunikasi, salah satunya penyedia jasa sambungan internet. Service provider dalam Network Centric Principles sangat penting karena berperan sebagai penyedia layanan sehingga enterprise oleh service provider akan selalu berjalan.
  3. Data Center yaitu fasilitas penyedia penyimpanan data informasi sistem telekomunikasi dalam jumlah besar yang dimana dapat dijadikan backup apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Hubungan keterkaitannya dalam menjaga kredibilitasnya dimana Network Centric Principles sebagai peran keamanan sistem, namun tidak dapat menangani ancaman di luar sistem seperti bencana alam.
  4. Security yaitu faktor penting dalam Network Centric Principles yang harus diperhatikan khususnya menjaga integritas data. Keamanan dalam Network Centric Principles berbeda dengan keamanan jaringan biasa. Keamanan pada jaringan biasa tersebut diadopsi oleh keamnan dalam NCP namun ditambahkan dengan keamanan di sisi proses bisnis.
  5. Linux yaitu sistem operasi open source yang banyak digunakan karena dari segi keamanan sistem. Keterkaitannya dapat dilihat dari bidang militer yang mana negara-negara maju telah mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas strategi mereka salah satunya menggunakan kernel linux. 



Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 2 : NCP dan IE".

Hans Polzer, 2010, "Net Centric Principles" (offline),  https://ndiastorage.blob.core.usgovcloudapi.net/Wednesday, diakses pada tanggal 11 Februari 2019.

Danang, Catur Sugiyanto, Chudry, dkk, 2007, "Kajian Aspek Kemasyarakatan Di Dalam Pengembangan Infrastruktur Indonesia", (Offline), http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/543.doc, diakses pada tanggal 11 Februari 2019. 

Komentar