DASAR SISTEM OPERASI

MataKuliah                    : Network Operating System
Dosen                               :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.
Nama                                : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                                   : 1605552008
Jurusan                            : Teknologi Informasi, Fakultas Teknik - Universitas Udayana
Tanggal Matakuliah  : Senin, 12 Februari 2018 - Pertemuan I

PENDAHULUAN
Matakuliah Network Operating System (NOS) merupakan mata kuliah khusus di semester IV di jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Udayana. Network Operating System merupakan matakuliah yang membahas sistem operasi yang terkait dalam jaringan Komputer dengan memahami konsep dasar sistem informasi, evolusi perkembangan sistem operasi, fungsional sistem operasi, konsep dasar NOS, infrastruktur pendukung NOS, karakteristik dari NOS, jenis-jenis NOS, serta penggunaan NOS dalam jaringan komputer.



DASAR SISTEM OPERASI




KONSEP DASAR
Konsep dasar Sistem Operasi merupakan sebuah perangkat lunak komputer sebagai penghubung hardware dan software  yang mengatur dalam melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (Hardware) dan menjalankan perangkat lunak program/aplikasi (Software). Sistem operasi dalam dunia teknologi informasi mempunyai peranan penting dalam menunjang kinerja sebagai media interaksi antara manusia dengan perangkat ataupun didalam sistem. Adapun peran penting sistem informasi, sebagai berikut.
  1. Memudahkan Pengguna Komputer.
  2. Efisiensi sumber daya komputasi.
  3. Membantu pengembangan, pengujian, perbaikan aplikasi dan layanan.
  4. Eksekusi Program.
  5. Akses ke sistem (root, user).
  6. Deteksi eror dan penanganan nya.
  7. Menghitung statistik penggunaan resource komputasi.
  8. Managemen instruksi melalui bahasa mesin (software, dan Hardware).
  9. Penanganan data binary.
  10. Penyediaan API (Application Programing Interface) untuk pengembangan software.

STRUKTUR SISTEM OPERASI
Bedasarkan bentuk struktur pada sistem operasi. sistem operasi adalah sebuah sistem yang besar sehingga terdapat kompleksitas dalam mengatur interaksi yang baik dalam setiap komponen-komponennya (software dan hardware) yang dimilikinya program prosedural atau fungsi atau dalam bentuk binary dalam menjalankan setiap intruksi yang tersimpana datanya pada memory. Struktur memori dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar 1 Struktur Sistem Operasi

Gambar 1 merupakan bentuk dari struktur sistem operasi yang menjelaskan bahwa peran sistem operasi pada sistem perangkat antara hardware dan software sebagai penengah atau penghubung dalam menjalankan komputerisasi dengan Sistem operasi menangani langsung instruksi komputerisasi input dan output (I/O) dan memory. 


SISTEM KOMPUTER PADA SISTEM OPERASI DALAM MANAGEMENT RESOURCE
Sistem operasi dalam management resource pada sistem komputer memiliki keterkaitan dalam hubungan mengakses pada sebuah kontrol komputerisasi (Hardware) input dan output (I/O Controller) dalam menjalankan sebuah software atau data atau sistem operasi. Bentuk manajemen dapat dilihat pada gambar 2.
Gambar 2 Sistem Komputer OS dalam Management Resource

Gambar 2 merupakan bentuk hubungan yang terjadi dalam sistem komputer pada sistem operasi dalam management resource yang dijalankan pada input dan output (I/O Controller) dalam mengeksekusi hardware (Mouse, Keyborard, digital camera, dan lainnya), sistem operasi, program, maupun data. Pada hal ini tidak terlepas pada sistem kerja komputerisi intruksi eksekusi waktu (Time Execution) pada processor dan memory dalam dalam mengatur penjadwalan yang sedang berjalan atau eksekusi.

Saat ini sistem operasi bermacam-macam jenis yang memiliki keunggulan layanan dan fitur untuk menunjang kebutuhan pengguna seperti dari jajaran produk umunya dari windows, Linux dan Mac-Os. Terkait dengan Sistem operasi Network Operating System salah satunya yaitu linux.  Linux dalam merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan dalam dunia jaringan, tanpa sebab karena linux menawarkan sistem yang terbuka (Open Source), stabil, keamanan lebih unggul, terdapat toolkit pendukung, fleksibel dan mudah.

Referensi Pertemuan :
I Putu Agus Eka Pratama, 2018, "PPT Matakuliah Network Operating System Pertemuan 1 : Sistem Operasi".

michrandi, 2008, "Sistem Operasi" (offline) https://michrandi.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2014/11/OS-1-SMC.pdf, diakses pada tanggal 15 Februari 2018.

Emita Yulia Hapsari, 2006. "SISTEM OPERASI " (offline) https://kontak.ugm.ac.id/images/foto/1480C6722DAEC459-272.pdf, diakses pada tanggal 16 Februari 2018.  

Komentar