Service Oriented Architecture (SOA) DAN NCP

Nama                            : I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan
NIM                              : 1605552008
Mata Kuliah                  : Network Centric Principles (NCP)
Jurusan                          : Teknologi Informasi
Fakultas                         : Teknik 
Universitas                    : Universitas Udayana
Dosen                            :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., M.T.

Tanggal Matakuliah      :  Selasa, 2 April 2019 - Pertemuan X



SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA) DAN NCP


Service Oriented Architecture (SOA)
        Service Oriented Architecture (SOA) merupakan arsitektur (sistem/software) berbasis layanan yaitu sebuah pendekatan dalam merancang desain sistem/software, dimana service yang ada dalam setiap komponen. Setiap komponen memberikan jenis layanan bisnis (service) tertentu untuk menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Fungsi-fungsi ini tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang mendasari aplikasi-aplikasi tersebut.
         SOA membagi fungsi-fungsi menjadi unit-unit yang berbeda (layanan), yang dapat didistribusikan melalui suatu jaringan dan dikombinasikan serta digunakan ulang untuk membentuk aplikasi bisnis yang saling berkomunikasi dengan dan mengkoordinasikan aktivitas antara dua atau lebih layanan. Seperti contoh penerapan SOA yang dapat dilhat apada Gamabr 1.


Gambar 1 Contoh Konsep SOA dengan NCP pada Perbankan


        Gambar 1 merupakan contoh penerapan SOA yang aplikasi layanan service untuk pembayaran, transfer pembayaran, mengecek status akun bank, pada sebuah sistem perbankan berbasis SOA.


Hubungan SOA dan NCP
        Konsep hubungan terkait SOA dengan NCP memiliki keterkaitan erat dalam kebutuhan infrastuktur khususnya dalam kebutuhan enterprise yang mendorong lebih baik lagi. Hal ini terkait dalam menentukan infrastruktur terkait jaringan komputer, sebagaiaman/software lainnya yang sebagai menyeediakan solusi untuk arsitektur Network Centrics Principles (NCP) dalam konteks jaringan, konten, data, service, hingga keamanan. 
        Konsep yang sejalan dengan osi layer yang terbagi atas Pysical layer, data link layer, network layer, transport layer, session layer, presentation layer, dan application layer dengan menyatu sistem mekanisme kerjanya yang berkesinambungan tidak dapat dipisahkan, hal yang sama diterapkan pada SOA dan NCP.


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama, 2019, "PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 10 : NCP dan SOA ".


Aradea, Nur Shofa, Bachtiar Kurnia, (2013), "Penerapan Service Oriented Architecture (SOA) Dalam Pembangunan Web Based Learning", (offline) , https://www.researchgate.net/publication/267756226_Penerapan_Service_Oriented_Architecture_untuk_Pembangunan_Web_Based_Learning, diakses pada tanggal 7 April 2019. .

Wijaya, T., (2017), "Penerapan Service-Oriented Architecture Pada Sistem Informasi Eksepdisi" (offline), "https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/119/100" diakses pada tanggal 6 April 2019.


Iwan Iskandar, Nur Jannah, "Analisa Service Oriented Architecture(Soa) Menggunakan Web Service Untuk Penjadwalan Muballigh Pada Ikmi Dan Ddi", (offline), " https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/download/555/527, diakses pada tanggal 5 April 2019.


Komentar